penyakit karena mengetik

Awas! Penyakit Ini Mengintai Anda yang Sering Mengetik

Kesehatan Others

Setiap hal di dunia ini memiliki resiko tersendiri, tidak terkecuali untuk Anda yang sering mengetik tidak hanya di PC namun juga di laptop. Seringnya mengetik ini bisa disebabkan karena berbagai macam alasan. Mulai dari kegemaran Anda yang mengetik hingga pekerjaan yang menumpuk yang membuat Anda harus mengetik dalam waktu yang lama.

Setelah mengetik. Biasanya Anda akan mengalami pegal atau nyeri. Bahkan sebagian orang merasakan tangan yang mati rasa dan kesemutan. Terlihat sepele, namun jika Anda menyepelekannya, ada penyakit yang mengintai Anda.

Penyakit Karena Sering Mengetik

Sebelum Anda tahu penyakit yang terjadi karena sering mengetik, maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Saat Anda mengetik, rasa sakit sering terjadi di persendian yang ada di area pergelangan tangan. Hal ini disebabkan karena Anda kerap menekan tombol yang ada di keyboard secara berulang kali. Akibatnya, jari menjadi sakit dan pergelangan tangan menjadi nyeri.

Parahnya, nyeri di pergelangan tangan dapat menyebabkan masalah  hingga bagian leher. Ini karena ada jaringan syaraf yang saling berkaitan mulai dari ujung jari hingga ke leher.

Ada 3 penyakit yang rentan diderita oleh orang yang sering mengetik apalagi dalam waktu yang lama. Penyakit tersebut adalah:

  • RSI (Repetitive Strain Injury)

Jenis penyakit atau kondisi cedera otot atau jaringan saraf yang disebabkan karena Anda melakukan sesuatu yang berulang kali dalam waktu yang lama. Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki pekerjaan yang sama dan melakukannya berulang kali bahkan saat tangan sakit ketika mengetik.

Sayangnya jika tidak ditangani dengan baik akan mengganggu kondisi tubuh yang lain. Beberapa bagian tubuh yang juga terpengaruh karena gangguan nyeri tungkai ini adalah siku, leher dan lengan.

  • Carpal Tunnel Syndrome

Penyakit ini merupakan sindrom yang diakibatkan karena saraf medianus atau saraf tengah terganggu. Penyebabnya adalah adanya tekanan di bagian pergelangan tangan. Jika kondisi ini terjadi secara terus menerus dank arena penekanan sarat tengah tersebut, maka akan menyebabkan sakit dan melemahkan otot pergelangan tangan.

Carpal tunnel syndrome
Carpal tunnel syndrome. pic: mountelizabeth.co.sg

Agar tidak terlambat untuk penangannya, maka Anda harus mengetahui ciri dari sindrom ini yaitu tangan yang terasa panas, kesemutan di bagian jempol, telunjuk dan jari tengah. Sedangkan untuk pengobatannya, Anda bisa menggunakan obat, fisioterapi ataupun operasi.

  • Trigger Finger

Kondisi ini terjadi menyebabkan nyeri di jemari tangan. Akibatnya, jari menjadi tidak mudah ditekuk atau susah untuk diluruskan. Untuk kondisi yang cukup parah, jemari bisa terkunci pada posisi menekuk bahkan susah untuk diluruskan kembali. Karena hal tersebut, Anda perlu melakukan peregangan ataupun mengambil istirahat agar jari dapat diluruskan.

Itulah penyakit yang mengintai jika Anda terlalu sering mengetik. Jika pun harus mengetik karena dokumen tersebut sangat penting, Anda dapat menggunakan jasa https://www.sribu.com/id/cat/jasa-ketik. Dengan begitu, pekerjaan Anda akan lebih ringan dan tangan khususnya jari Anda tidak akan merasa nyeri.