CARA MEMOTONG VIDEO DI ADOBE PREMIERE ANTI RIBET

CARA MEMOTONG VIDEO DI ADOBE PREMIERE ANTI RIBET

Others

Para profesional dan pemula dalam hal editing video pasti mengenal software bernama Adobe Premiere. Software ini menawarkan banyak fitur yang menarik dan premium yang sangat membantu pengguna dalam proses editing. Adobe Premiere dapat digunakan pada OS berbasis Windows hingga MacOS.

Jika Anda ingin menggunakan Adobe Premiere untuk mengedit video yang Anda miliki terutama untuk cara memotong video di Adobe Premiere, Anda dapat coba mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka software Adobe Premiere Pro dengan cara double click ikon software yang bertuliskan “Pr” berwarna ungu.

  2. Klik File yang berada di bagian menu atas layar, kemudian klik New jika akan membuat proyek baru, namun jika akan membuka proyek yang sudah ada, klik Open. Lalu pilihlah file yang diinginkan.

  3. Jika video yang akan Anda potong belum ada di dalam proyek, maka Anda harus mengimpornya terlebih dahulu dengan cara pilih File di bilah atas layar > Import, lalu pilih video yang akan dipotong > klik Open.

  4. Kemudian klik pada video yang akan dipotong dari tab “Project” dan tarik ke Timeline. Klip video yang telah diimpor ke Adobe Premiere dapat ditemukan di panel Project, berada di bawah tab Libraries. Anda dapat menemukan panel “Project” berada di pojok bawah kiri layar. Sedangkan panel Timeline berada di sebelah kanan dari panel Project. Namun jika Anda tidak menemukan panel Project, panel Timeline maupun panel yang lain, silakan setting dengan klik Window yang berada di bilah menu di atas layar, dan centang panel yang Anda perlukan.

  5. Klik video yang dipilih dan timeline akan menampilkan klip pada video.

  6. Kemudian klik “Effect” yang berada di bagian atas layar atau berada di kiri bawah layar.

  7. Kemudian klik “>” pada “Video Effect” yang berada di daftar effect sehingga daftar kategori efek akan muncul.

  8. Lalu klik “>” pada folder “Transform”, lalu daftar Transform efek video akan muncul.

  9. Pilih “Crop”, tarik ke arah klip video yang berada di Timeline. Secara otomatis tab Effect yang berada di jendela kiri atas layar akan terbuka. Anda juga dapat mencoba mengetikkan “Crop” pada bilah pencarian di atas panel Project lalu tekan Enter dan otomatis akan muncul menu Crop.

  10. Silakan atur batas klip video yang akan dipotong. Ada 3 cara yang dapat dipilih yaitu :

  • Pilih Selection Tool (v), lalu menggeser ujung atau awal video untuk membuang bagian yang akan dipotong.

  • Pilih Razor Tool (c), lalu klik bagian video yang akan dipotong sehingga akan terbagi menjadi dua bagian.

Pada bagian yang telah ditandai untuk dihapus, silakan klik kanan lalu pilih “Clear”.

Adobe Premiere banyak digunakan oleh profesional karena tidak hanya menawarkan fitur untuk memotong video saja, tetapi masih banyak fitur-fitur keren lainnya yang dapat dicoba. Demikian cara memotong video di Adobe Premiere

sumber : https://about.me/septifajri