Tujuan dan Dampak Buruk dari Nyepam

Others

Apa yang dimaksud dengan Nyepam?

Spam adalah pengiriman pesan ke orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik dengan langsung dan sejumlah besar penerima tanpa niat, aktivitas spam disebut spamming dan aktor yang disebut spammer. Butuh jasa SEO? klik Link Berikut Ini

 

Tujuan dari Spam

Mengapa begitu banyak aktivitas spam di Internet? Ada beberapa alasan mengapa spammer terus melakukan spamming meskipun dapat merusak orang lain. Mengacu pada makna spam yang dijelaskan sebelumnya, karena spam memiliki tujuan sebagai berikut:

 

  1. Promosi

Ada beberapa pihak yang ingin memasarkan produk atau jasa di internet namun dengan cara yang tidak etis, salah satunya dengan mengirim spam ke orang lain. Konten yang terkandung dalam pesan spam biasanya menawarkan barang atau layanan. Spammer dapat dari mana saja, baik itu perorangan atau perusahaan. Bahkan ada perusahaan yang mengirim pesan spam melalui email dan sms sebagai saluran pemasaran.

 

Dan penerima spam pasti akan menikmati setiap menerima pesan spam yang mengandung komersial. Namun spam promosi umumnya jarang atau bahkan tidak menghasilkan penjualan, walaupun terjadi penjualan, biasanya karena kebetulan.

 

  1. Penipuan

Spam untuk tujuan penipuan juga sudah terkenal jenisnya, melalui email, SMS, dan media lainnya. Ada banyak jenis penipuan, seperti mengambil akun “phishing” , mencuri data, meminta uang, dan masih banyak lagi.

Salah satu mode penipuan yang paling umum saat ini adalah pencurian akun “phishing”, yang biasanya mengirimkan email spam acak di mana konten mengklaim bahwa penerima telah memenangkan hadiah.

Dalam email spam tersebut, tautan ditempatkan ke situs tertentu tempat dimana penerima spam harus masuk menggunakan akun email. Ketika korban memasukkan email dan kata sandi setiap sentuhan keyboard direkam untuk memberi tahu si penipu tahu alamat email dan kata sandi email korban.

 

  1. Sekedar Iseng

Spam untuk tujuan iseng adalah jenis spam yang cukup mengganggu bagi pengguna internet. Meskipun tidak dimaksudkan untuk melakukan penipuan atau tindakan kriminal lainnya, korban akan dirugikan dan spammer akan mendapat keuntungan jika korban merespons.

Sebuah contoh dari salah satu kegiatan adalah penyebaran spam berupa  link website di bagian dari blog orang lain seperti kolom komentar. Contoh lain menunjukkan gambar atau link situs porno di bagian komentar status media sosial orang lain.

 

Dampak Buruk dari Spam

Kata-kata spam yang menguntungkan penerima menunjukkan bahwa spam juga dapat berdampak buruk. Mengacu pada pemahaman tentang spam, berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari Spam:

 

  1. Dapat menghabiskan waktu membersihkan dan membersihkan spam dari perangkat elektronik.
  2. Dapat menghabiskan daya perangkat elektronik sehingga dapat tidak berfungsi dengan baik.
  3. Menghabiskan lebih banyak bandwidth karena penggunaan internet untuk menghapus spam.
  4. Dapat memperlambat situs web atau blog anda karena memproses komentar spam yang terlalu banyak.
  5. Perangkat elektronik rentan terhadap kemungkinan tertular malware yang menyusup melalui spam.