Apa yang dimaksud dengan Drafter dengan dunia Desain Grafis

Others

gcero blogDalam dunia desai grafis, terdapat bermacam-macam desain grafis yang belum banyak diketahui oleh orang-orang pada umumnya. Salah satu macam dari desain grafis adalah Drafter. Di luar negeri, darafter biasa disebut draftsman, dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai juru gambar atau tukang gambar.

Para drafter bekerja membuat gambar teknik, seperti arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, aeronautical,dan lainnya. Sbelum adanya computer atau program computer untuk menggambar, pekerjaan menggambar harus dilakukan secara manual bermodalkan meja gambar, kertas putih dari berbagai ukuran A4 sampai A0, penggaris,pensil, penarapido, penghapus, kalkir dan perangkat menggambar lainnya.

Pada zaman seperti ini , masih ada yang menggambar menggunakan cara manual. Biasanya pada instansi pendidikan seperti SMK, dan pada Universitas masih mewajibkan anak didiknya untuk menggunakan cara menggambar yang manual agar dapat lebih memahami tata cara menggambar sebagai basic. Selain instansi pendidikan, pengguna cara manul juga biasanya adalah orang-orang yang yang belum memiliki media computer untuk menggambar ataupun yang enggan untuk belajar menggunakan cara modern.

Program computer untuk menggambar teknik ditemukan pada tahun 1980an, dan diberi nama CAD (Computer Aided Design) yang digunakan untuk menggambar suatu rancangan produk berupa garis-garis maupun symbol-simbol yang mempunyai makna tertentu. Hasil akhir menggambar menggunakan CAD dapat berupa 2D maupun 3D serta menghasilkan kualitas tinggi yang lebih detail, tertata, dan lebih cepat.

Dengan program CAD, pekerjaan seorang draftr menjadi lebih mudah dan cepat, bahkan orang yanga tidak pandai dalam menggambar manual pun bisa menjadi drafter hebat asalkan mau mempelajari program CAD dan mengerti dasar-dasar ilmu teknik yang akan dikerjakannya.

 

Apa sih tugas dari Drafter atau Operator CAD

Posisi seorang drafter biasanya terdapat dibawah posisi dari arsitek, desiner, atau engineer. Dengan keahlian seorang drafter dalam menggambar, seorang arsitek, desiner, maupun engineer dapat dimudahkan, karena dalam menggambar dapat lebih cepat. Dalam keadaan yang terdesak, seorang drafter harus bekerja cepat jika terdapat Deadline yang harus dikejar, serta harus tahan terhadap segala tekanan.

 

Berbagai Kemampuan yang harus dimiliki seorang Drafter

Kemampuan seorang drafter tentunya tidak sebatas menggambar manual, tentu saja masih banyak kemampuan yang harus dimiliki oleh para drafter. Contohnya adalah dapat menguasai dan mampu untuk menggambar dengan berbagai software sesuai dengan bidang pekerjaannya, seperti AutoCad 2D dan AutoCad 3D untuk membuat gambar 2D maupun 3D. Masih banyak software yang harus dikuasai seorang drafter yang harus dikuasai dalam menunjang pekerjaannya seperti Photosop, Coreldraw, dan sebagainya.

 

Pendidikan seorang Drafter

Pendidikan seorang drafter biasanya adalah SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), D3, atau S1, tergantung dari persyaratan sebuah pekerjaan. Orang yang tidak mempunyai latar pendidikan SMK,D3,atau S1 dapat menjadi seorang drafter juga asalkan menguasai dasar-dasar dan kemampuan yang dibutuhkan seorang drafter.

 

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, tugas, pendidikan, serta kemampuan yang harus dimilike seorang drafter. Menjadi seorang drafter bukanlah perkara mudah karena banyak hal yang perlu dikuasai, namun semuanya akan terasa mudah asalkan mau berusaha.